Selasa, 04 Mei 2010

Denmark, Negara Paling Bahagia di Dunia


Ingin tahu negara mana yang paling bahagia di dunia ini? Jawabannya adalah Denmark!
Begitulah, sebuah survei Nilai-nilai Dunia yang dilakukan oleh Yayasan Ilmu Pengetahuan Nasional Amerika Serikat yang melibatkan 97 negara di dunia ini menempatkan Denmark sebagai negara paling bahagia di dunia. Survei ini dilakukan dengan menanyakan dua pertanyaan sederhana tentang kebahagiaan dan tingkat kepuasan hidup untuk mengukurnya.

Hasilnya, dalam daftar negara-negara paling bahagia itu, Puerto Rico dan Kolombia menduduki tempat kedua dan ketiga. Rusia dan Irak menduduki urutan 10 dari bawah. Zimbabwe berada di urutan paling terakhir. Penelitian yang dipimpin oleh Profesor Ronald Inglehart dari Universitas Michigan ini menempatkan negara terkaya di dunia, Amerika Serikat, berada di tempat ke-16 dalam daftar negara paling bahagia, di belakang Swis, Kanada dan Swedia. Sedangkan Indonesia berada pada peringkat ke-40.

Profesor Ronald mengatakan penelitian yang ia lakukan dari tahun 1981 ini berbeda dengan penelitian yang lainnya yang biasanya mengukur berdasarkan faktor ekonomi. "Dalam penelitian saya ini tidak mengukur kemakmuran bukan satu-satunya penyebab kebahagiaan. Penelitian kami mengindikasikan kemakmuran terkait dengan kebahagiaan, materi bukanlah faktor terpenting," ujarnya.

Menurut Profesor Ronald dalam penelitiannya ia menekankan bahwa kebebasan pribadi lebih penting dari apapun. Kebebasan di sini adalah kebebasan dalam semua hal. Kebebasan politik, seperti demokrasi dan kebebasan memilih. "Kesetaraan antara laki-laki dan perempuan juga merupakan indikasi kebahagiaan, sama halnya dengan toleransi sosial di masyarakat. Semakin tinggi toleransi makan semakin tinggi kebahagiaan masyarakat sebuah negara," ujarnya. Sayangnya faktor toleransi sosial di setiap negara kini semakin turun secara dramatis beberapa tahun belakangan.




Sumber : Conectique

0 komentar:

Posting Komentar